Klinik Konsultasi JAGUK singkatan dari Jasa Layanan Aset, Giat Usaha Desa dan Keuangan. Menurut Kamus Daerah Sekayu, Jaguk adalah Berani atau melawan. Klinik Konsultasi “JAGUK” adalah inovasi berupa layanan “One Stop Services” dalam Bidang Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa. Layanan yang disediakan berupa penyediaan fasilitas Klinik Konsultasi Keuangan dan Aset Desa dilengkapi dengan layanan pemberian konsultasi/pendampingan/bimbingan teknis.

Permasalahan yang dihadapi petugas sehingga mendorong ide inovasi ini adalah :
1. Pergantian Operator Desa oleh Kepala Desa dan operator Desa yang mengundurkan diri.
2. Laptop Kantor Desa yang tidak kompetible, rawan kena virus sehingga database sering rusak.
3. Perlu adanya anggaran khusus untuk pengelolalan inovasi pelayanan ke Kepala Desa dan Operator Desa.
4. Target waktu penyelesaian yang rigid sehingga tidak mentolerir adanya keterlambatan dalam proses pengelolaan Keuangan Desa.
5. Kendala geografis sehingga menyulitkan bagi Kepala Desa dan Operator Desa yang letaknya jauh
untuk berkoordinasi dengan cepat .
6. Tidak adanya ruangan khusus yang memadai untuk melakukan kegiatan yang melibatkan Desa untuk 2 kecamatan, sehingga seringkali operator Desa lain berdesakan, antri di selasar dan di ruang kerja Dinas PMD untuk mengentry data keuangan. Hal ini sangat menganggu kelancaran kerja Tim Dinas PMD lainnya.

Inovasi “JAGUK” memberikan manfaat karena penyediaan fasilitas layanan keuangan desa tersendiri untuk Desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin membuat Staf Dinas PMD tidak terganggu di ruangan kerja, sedangkan bagi Desa menjadi layanan “One Stop Services” untuk mengatasi kendala akses internet sekaligus tempat rujukan untuk berkonsultasi/pembimbingan/pendampingan terkait Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa.

Inovasi ini sangat mendukung komitmen Pimpinan Daerah dalam percepatan penyampaian Laporan
Realisasi APBDesa dan Laporan Kekayaan Milik Desa sebagai bagian Laporan Realisasi Keuangan
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.