RSUD Sekayu adalah salah satu rumah sakit pemerintah di Kabupaten Musi Banyuasin. Sebagai salah satu rumah sakit rujukan di wilayah kabupaten Musi Banyuasin dan wilayah sekitarnya, RSUD Sekayu menjadi salah satu rumah sakit pilihan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Banyak masyarakat mendatangi sarana pelayanan kesehatan untuk melakukan pengobatan dan perawatan, salah satu kasus yang membutuhkan perawatan adalah perawatan luka. Kebutuhan akan perawatan luka di RSUD Sekayu cukup tinggi, contoh kasus yang membutuhkan perawatan luka adalah luka bakar, luka DM (ulkus diabetikum), luka kanker, luka post op dll.

Angka kejadian luka bakar di Kabupaten Musi Banyuasin cukup tinggi, karena wilayah kabupaten Musi Banyuasin merupakan wilayah dengan kekayaaan alam terutama Minyak yang paling besar di Sumatera Selatan sehingga banyak terdapat tambang minyak ilegal yang cara pengeborannya masih tradisional dan milik perseorangan yang pelaksanaanya tidak memperhatikan prinsip K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) sehingga banyak kasus luka bakar akibat pengeboran minyak tersebut, pada tahun 2016 angka kejadian luka bakar sebesar 68 orang.

Selain luka bakar angka kebutuhan perawatan luka juga banyak pada kasus pasien DM dengan ulkus
diabetikum yang tidak terawat dengan baik, sehingga dirujuk ke RSUD Sekayu. Dalam beberapa kasus, terdapat pasien yang sudah dinyatakan pulang, pasien tersebut bisa kembali lagi dengan kasus yang sama, dikarenakan masih minimnya tenaga kesehatan yang bisa memberikan perawatan luka dirumah. Pada tahun 2016 kasus untuk pasien amputasi sebanyak 4 orang.

RSUD Sekayu ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Musi Banyuasin, target yang dicapai adalah kepuasan pasien. Akan tetapi, dari hasil survey hasil IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) akan layanan RSUD Sekayu baru mencapai 76,55 %. Dari hasil IKM tersebut masih ada sekitar 23,45 % masyarakat yang belum puas akan layanan yang diberikan oleh RSUD Sekayu. Oleh karena itu RSUD Sekayu selalu berbenah diri untuk selalu meningkatkan pelayanan sehingga menjadi pelayanan yang paripurna.