Belajar Seni Gratis Di Sanggar Putri Sak Ayu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Musi Banyuasin adalah inovasi sarana tempat kegiatan belajar untuk memajukan seni dan budaya daerah berupa penyediaan tempat latihan sanggar gratis dengan penyediaan pelatih seni dan budaya yang berkompetensi di bidangnya untuk melatih dan mengembangkan potensi muda-mudi di Musi Banyuasin khususnya di bidang seni tari tradisional, tari kreasi, musik tradisional, lagu daerah, senjang, batang hari Sembilan, sastra tutur dan teater tradisional/film tradisi secara gratis tanpa di pungut biaya.

Permasalahan yang di hadapi sehingga mendorong ide inovasi ini adalah :
1. Kemampuan ekonomi rendah sehingga tidak bisa mengikuti latihan sanggar yang di kenakan iuran latihan.
2. Banyaknya peminat yang ingin mengikuti sanggar dan mengembangkan potensi keahlian.
3. Kurangnya sarana ruang kreatif untuk menyalurkan bakat kesenian.

Belajar Seni Gratis Di Sanggar Putri Sak Ayu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Musi Banyuasin memberikan manfaat karena penyediaan fasilitas tempat latihan dan pelatih yang berkompetensi di bidangnya dan bagi bidang kebudayaan kegiatan ini menjadi wadah untuk mengenalkan dan melestarikan seni budaya daerah kepada masyarakat.

Keberhasilan inovasi ini sangat di dukung oleh komitmen pimpinan daerah dan bidang yang berkaitan dengan kebudayaan serta di dukung alokasi anggaran untuk menyelenggarakan inovasi. Inovasi ini masih berjalan sampai sekarang dan masih akan di tingkatkan lagi dari segi pengelolaan dan bidang seni lainnya yang akan ditambah dalam kegiatan tersebut seperti belajar anda-andai, serambah, pantun dan lainnya serta ditambah pendukung fasilitas lainnya baik alat kesenian, perlengkapan tari,perlengkapan teater dan film dllnya.