Desa Jemenang terletak di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim. Desa ini terdiri dari 5 dusun dan memiliki keunggulan dalam bidang pertanian. Kelompok Tani yang terdapat di Kecamatan Rambang Dangku adalah 222 Kelompok Tani (Poktan) terdiri dari 215 Kelompok Tani Dewasa, 11 Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan jumlah anggota 5.678 orang. Sedangkan di Desa Jemenang terdapat 16 kelompok tani dan 2 kelompok wanita tani (KWT).
Penduduk Desa Jemenang sangat yang menggantungkan hidupnya dengan bertani. Lahan yang diusahakan petani didominasi perkebunan karet dan sawit. Tahun 2011-2014 pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Muara Enim mengalami penurunan yaitu 12,28 persen di tahun 2011 menjadi 3,13 persen pada tahun 2014 karena gejolak ekonomi global dan krisis dunia. Hal ini menyebabkan anjloknya harga komoditas ekspor seperti karet dan sawit dan berpengaruh terhadap pendapatan mayoritas penduduk Desa Jemenang.
Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan anggota Poktan dan KWT dengan memberdayakan mereka sehingga mampu menciptakan produk bernilai ekonomis tinggi. Dilakukan dengan menyediakan tim pendamping Kecamatan yang bertugas mengidentifikasi produk unggulan, memberikan pelatihan peningkatan keterampilan, dan pendampingan secara intensif.