Kabupaten Muara Enim adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan memiliki luas wilayah 7.483,06 km2 dengan jumlah penduduk 576.105 jiwa. Dengan wilayah yang tergolong luas, jarak, waktu dan biaya menjadi suatu halangan bagi penyandang cacat/disabilitas karena keterbatasan kondisi fisik/mental yang lemah, mereka mengalami kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukan ditambah rasa malu dan khawatir tidak dilayani. Hal ini menyebabkan mereka atau keluarganya enggan untuk membuat dokumen kependudukan jika belum butuh atau terpaksa karena keperluan berobat ataupun menerima bantuan sosial dan kebutuhan mendesak lainnya.

Upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muara Enim dalam memberikan pemerataan hak yang sama bagi kaum difabel yaitu melalui Rekam Datang Penyandang Disabilitas (Rendang Pedas) pelayanan jemput bola door to door untuk meningkatkan jumlah kepemilikan KTP dan keakuratan data kependudukan yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan pelayanan publik lainnya, juga mendukung Program SDGs untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan untuk semua, dan membangun kelembagaan yang efektif, akuntabel, dan inklusif di semua tingkatan.

Melalui Kegiatan Rendang Pedas, tidak lagi menjadi suatu permasalahan bagi penduduk penyandang cacat/disabilitas untuk mendapatkan hak sipilnya memperoleh KTP-Elektronik. Kegiatan ini sangat membantu
masyarakat dalam memberikan akses pelayanan prima bagi penyandang cacat/disabilitas mendapatkan pelayanan yang sama dengan penduduk lainnya. Tidak semua pihak keluarga menerima kedatangan petugas dan masih menganggap suatu aib mereka.
Untuk itu dalam melakukan kegiatan ini didampingi Pemerintah setempat dalam melakukan pendekatan kepada pihak keluarga yang mengalami cacat/disabilitas dan memberikan pemahaman akan manfaat dan pentingnya KTP Elektronik seperti dibutuhkan saat berobat, penerimaan bantuan sosial atau program-program pemerintah lainnya yang salah satunya mensyaratkan KTP Elektronik. Sehingga pihak keluarga pada akhirnya dapat menerima keadaan dengan senang hati kedatangan TIM Rendang.