Data Dirjenpas menunjukan penyelenggaraan program pendidikan formal dan pendidikan kesetaraan bagi Anak Berhadapan dengan Hukum baru mencapai 24% dari jumlah anak yang dipidana.(Dirjenpas 2015). Di Kota Palembang jumlah kasus Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) tergolong tinggi berada di atas rata-rata nasional yang mencapai 191 orang sedangkan rata-rata nasional hanya 95 orang (SDP Dirjenpas April 2014), dari kondisi tersebut Dinas Pendidikan Kota Palembang bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumsel, dalam rangka memenuhi hak pendidikan bagi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), maka diselenggarakan layanan pendidikan formal, yaitu Sekolah Filial LPKA Klas I Palembang, terdiri tingkat SD induknya SDN 25 Palembang, tingkat SMP induknya SMPN 22 Palembang dan tingkat SMA induknya SMAN 11 Palembang, yang dituangkan dalam MoU tanggal 17-8-2014.

Anak-anak LPKA Klas I Palembang saat ini dapat menikmati pendidikan formal layaknya sekolah reguler, dengan tenaga pengajar langsung dari guru sekolah induk masing-masing. Selain memiliki kelas yang cukup layak, dilengkapi juga dengan fasilitas perpustakaan, ruang praktek komputer, dan berbagai kegiatan ekstrakurikulir seperti; pramuka, rohis, drumband, pencak silat dll.

Saat ini sekolah filial di LPKA Klas I Palembang telah berhasil meluluskan peserta didik, dari lulusan tersebut ada yang telah melanjutkan pada jenjang pendidikan berikutnya, bahkan ada yang telah di terima bekerja dengan menggunakan ijazah yang diperoleh dari sekolah filial tersebut. Selain itu anak didiknya ada yang mampu berprestasi dalam berbagai kompetisi yang dilaksanakan berbagai pihak.

Seiring dengan pindahnya pengelolaan SMA/SMK ke Pemerintah Provinsi Sumsel maka tanggal 18-8-2017 Gubernur Sumsel telah melaunching program ini sebagai bagian dari program Pemerintah Provinsi Sumsel. Sekolah Filial LPKA Klas I Palembang telah menjadi program percontohan nasional dan telah menerima berbagai penghargaan, program ini juga telah menghantarkan LPKA Klas I Palembang sebagai LPKA terbaik se-Indonesia. Sampai saat ini Sekolah Filial LPKA Klas I Palembang telah dikunjungi oleh berbagai pihak baik dari dalam negeri maupun luar negeri.