Inovasi CEKATAN (Cepat, Dekat, dan Memuaskan) dibuat untuk menjawab permasalahan-permasalahan terkait pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, yang berorientasi pada capaian target 100% perekaman e-KTP dan Akta Kelahiran. Inovasi ini mulai dilaksanakan pada minggu, 17 July 2016, sebagai langkah penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan berkinerja tinggi. Dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di lapangan, inovasi ini telah membantu meningkatkan pencapaian target yang telah dicanangkan. Namun, masih ditemui berbagai masalah dan kendala yang adanya dijadikan pembelajaran untuk melaksanakan pelayanan yang lebih baik di kemudian hari.

Adapun masalah yang dihadapi yaitu:

  • Rendahnya jumlah penduduk yang melakukan perekaman e-KTP, dikarenakan mayoritas warga Kota Palembang yang karyawan, sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan perekaman pada jam kerja;
  • Lokasi perekaman di kantor kecamatan sulit diakses oleh sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah pinggiran dan memerlukan biaya transport yang relatif tinggi;
  • Kelompok masyarakat penyandang disabilitas dan lansia mengalami kesulitan untuk datang ke tempat pusat pelayanan administrasi kependudukan;
  • Sebagian masyarakat kurang memahami pentingnya memiliki identitas kependudukan.

Adapun manfaat dari inovasi ini yaitu:

  1. Pelayanan dilaksanakan di lokasi tempat masyarakat beraktivitas sehingga mereka tidak perlu meninggalkan jam kantor untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan;
  2. Seluruh keluhan masyarakat dapat terjangkau layanan secara inklusi;
  3. Membantu capaian target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang mengenai wajib  e-KTP dan kepemilikan akta kelahiran;
  4. Masyarakat lebih mudah menjangkau lokasi perekaman e-KTP dan pembuatan akta kelahiran dikarenakan lokasi pelayanan dekat dengan tempat tinggal mereka.

Penerapan inovasi ini diharapkan mampu meningkatan pelayanan publik terhadap masyarakat guna memenuhi harapan masyarakat tentang pelayanan administrasi kependudukan yang baik, cepat, tepat dan berkualitas.