Inovasi "KARAOKE ASIK – IJIN MELEJIT" merupakan media promosi kreatif yang mengakomodir budaya lokal / musik dangdut dengan menggunakan pendekatan emosional dan psikologis masyarakat dan pelaku usaha. Pendekatan head to head atau one on one terbukti efektif dan bermanfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Pendekatan ini mampu menjawab masalah sulitnya akses akibat jarak jauh dan waktu tempuh yang relatif lama, yang menimbulkan banyaknya keluhan dari masyarakat dan pelaku usaha yang tinggal di wilayah pinggiran/terpencil.  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Musi Banyuasin membuka gerai layanan di lokasi yang sulit dijangkau, serta mengembangkan pola pendekatan yang persuasif dan edukatif kepada masyarakat.

Gerai layanan dibuka di lokasi strategis, seperti di pasar tradisional, kantor lurah ataupun kantor desa, petugas menyediakan karaoke gratis dengan lagu dangdut "Jaran Goyang" yang liriknya diganti dengan lirik tentang perijinan dan non perijinan. Selain karaoke gratis, di tenda pelayanan disediakan souvenir, snack ringan dan games-games menarik untuk para pemohon ijin. Petugas pelayanan dengan sigap memberikan informasi dan edukasi serta membagikan Leaflet, brosur dan flyer.

Menggunakan musik dangdut sebagai musik asli Indonesia terbukti menjadi senjata ampuh untuk membuat masyarakat tertarik untuk datang dan memanfaatkan layanan dari DPMPTSP.

Manfaat dari inovasi ini adalah terciptanya suasana akrab, bersahabat dan nyaman antara masyarakat dan Petugas Pelayanan DPMPTSP sehingga meningkatkan jumlah kepemilikan ijin secara signifikan, yakni sebesar 13 %

Inovasi ini berjalan lancar atas dukungan multi stakeholder, yakni masyarakat, pelaku usaha sebagai pengguna layanan, pihak kecamatan, desa dan kelurahan sebagai pemerintah daerah setempat, Diskominfo sebagai leading sector Radio Gema Randik yang mempublikasikan dan menginformasikan layanan keliling, serta pihak swasta yang menyediakan tenda kerucut melalui dana CSR.

DPMPTSP Kab Muba mendapatkan penghargaan sebagai Role Model Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2017, termasuk di dalamnya inovasi “KARAOKE ASIK – IJIN MELEJIT” yang merupakan model edukasi masyarakat dan promosi perijinan yang inovatif.