PALEMBANG - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar menyatakan komitmennya dalam mewujudkan perbaikan kualitas pelayanan publik melalui Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik diwilayahnya.

Hal tersebut merupakan langkah nyata Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat khususnya di Sumatera Selatan. “Kita siap dan menyatakan komitmen membangun JIPP di Provinsi Sumatera Selatan. Terlebih adanya dukungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama tim dari GIZ sangat besar. Maka kita secara bersama sama akan mewujudkan pelayanan publik yang baik dan akuntabel,” ujarnya saat membuka Lokakarya JIPP dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di Sumatera Selatan, di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (12/10).

Ia menilai bahwa kegiatan yang diinisiasi Kementerian PANRB tersebut merupakan sebuah momentum bagi para perangkat daerah dalam menciptakan inovasi layanan masyarakat. Dengan demikian segenap perangkat daerah baik Kabupaten dan Kota dapat mengambil ilmu yang nantinya dapat diterapkan di kingkungan kerja masing masing.

Sekda Sumsel juga menyampaikan bahwa inovasi dalam pelayanan publik sangat penting, karena dengan lahirnya sebuah inovasi dapat memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus berbagai kebutuhannya. Meski banyak inovasi yang telah diciptakan, dirinya pun tetap mengimbau agar segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap berupaya menciptakan inovasi lebih banyak lagi.

Sementara itu Lead Advisor Governance and Inclusive Growth GIZ Philipp Johannsen menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu pembangunan JIPP di Provinsi Sumatera Selatan, guna terwujudnya perbaikan pelayanan publik kedepannya. Ia menyebutkan bahwa hal yang sama yakni pembangunan JIPP pun telah dilakukan di Jawa Timur pada tahun 2015 lalu. “Pembentukan JIPP di Jawa Timur telah melakukan berbagai kegiatan yaitu Pelatihan inovasi pelayanan publik (bootcamp) yang dilaksanakan dengan kerja sama Universitas Brawijaya serta Pemerintah Kabupaten Malang.

Selain itu ads Forum Berbagi Inovasi Praktik Baik Pelayanan Publik di Jawa Timur, Kompetisi Urun Ide Jatim 2016, Pembangunan platform online jipp.jatimprov.go.id untuk berbagi informasi inovasi, dan Bimbingan teknis penulisan proposal inovasi untuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB dan UNPSA," ujarnya. (byu/HUMAS MENPANRB).